Jumat, 08 Oktober 2010

Arisan Keluarga

Arisan keluarga

Di beberapa keluarga besar yang ada diberbagai daerah di Indonesia mempunyai tradisi yang dinamakan ‘Arisan Keluarga’, begitupun keluarga Eyang Hasan yang berlokasi di Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat mempunyai kegiatan perkumpulan antar anggota keluarga yaitu Arisan Wargi/Keluarga dimana kegiatannya tidak hanya arisan tetapi juga Simpan Pinjam.

Awal berdirinya kegiatan Arisan ini yaitu Hari Minggu kedua bulan Juli Tahun 2006. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan kurang terjalinnya silaturrahmi sehingga anggota keluarga yang lebih muda kurang mengenal keluarga yang lain. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat membantu perekonomian keluarga.
Tujuannya adalah pertama terjalinnya silaturrahmi yang baik antar anggota keluarga sehingga keturunan berikutnya dapat saling mengenal. Kedua meningkatnya perekonomian keluarga.

Arisan keluarga ini mempunyai 33 anggota sampai sekarang dan kegiatannya dilakukan 1 bulan sekali, tempatnya bergilir di rumah setiap anggota . Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dalam arisan keluarga ini ada kegiatan simpan pinjam yang terdiri dari simpanan pokok, wajib dan manasuka. Modal awal yang terdiri dari simpanan pokok dan wajib yaitu sebesar Rp 907.500,00, pinjaman pertama Rp 500.000,00/anggota dengan bunga 2% menurun. Modal terakhir bulan September 2010 yaitu sebesar Rp 16.335.000,00, pinjaman Rp 2.000.000/anggota dengan bunga 2% menurun.

Dilihat dari data-data tersebut dapat disimpulkan kegiatan ini mengalami perkembangan yang sangat baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Tidak ada komentar: