Jumat, 18 Desember 2009

Cara tetap berlaku baik kepada orang yang telah menyakiti

Cara tetap berlaku baik kepada orang yang telah menyakiti

Mencintai orang yang kita cintai adalah pekerjaan yang mudah sekali. Karena akan kita lakukan dengan sukarela, senang hati, sepenuh perasaan dan segenap jiwa. Tetapi ketika kita berhadapan dengan situasi sebaliknya : seseorang yang kita ‘benci’, karena telah menyakiti kita,...maka apakah kita juga tetap mesti mencintainya ??? Kita hanya boleh membenci perbuatannya, yang menyebabkan kita tersakiti, dan bukan orangnya !! Kita mesti memaafkan dia atas perbuatan ‘bodoh’ dan ‘khilaf’nya yang tak disadari telah menyakiti hati kita, dan memohon membukakan mata dan hatinya agar menyadari kesalahannya. Dan itu hanya bisa kita lakukan, jika kita tak lagi memiliki dendam di hati.

Mencintai orang yang menyakiti kita adalah suatu perbuatan yang luar biasa indah,..sepanjang itu dilakukan sepenuh hati. Karena tak ada tempat bagi dendam dan benci !! Inilah cara ampuh agar orang yang menyakiti kita sadar bahwa kita tetap berlaku baik padanya, seolah tak ada sesuatupun terjadi , yang pada akhirnya akan berbalik membuat ia malu dan meminta maaf pada kita, karena menyadari kebesaran hati dan jiwa kita.
Mudah untuk diucapkan, sulit untuk diamalkan !! Tetapi satu yang mesti diingat : apakah kita jadi lebih bahagia karena hidup bersama dendam, yang membakar akal sehat kita? Sementara dendam akan menggerogoti hati kita hingga penuh lubang. Dendam juga seperti api yang membakar kebaikan.

2 komentar:

randra mengatakan...

setuju,,Memang Tetap Berlaku baik Kepada Orang Yang Telah Menyakiti Kita suatu hal yang baik..

Kita Memang Tidak Boleh Menjadi Seseorang Yang Pendendam.

^_^

Rendy Street Dance mengatakan...

ya sudahlah?

aku SABAR Aja ?